Connect with us

Hi, what are you looking for?

judul gambar

Keislaman

5 Tips Keren Memakai Jilbab dengan Nyaman dan Keren

Hijab (foto: freepik.com)

Memakai jilbab adalah kewajiban bagi semua perempuan yang beragama Islam. Meski ada sedikit ulama yang tidak mewajibkan jilbab, tetapi mayoritas ulama berpendapat bahwa jilbab itu harus dikenakan pada wanita muslimah yang telah dewasa.

Dalil dari kewajiban itu diambil dari beberapa ayat Al-Quran di bawah ini. “Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’, yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu, dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59).

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya, dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.” (Q.S. An Nur: 31).

judul gambar

Yang disebut perhiasan dalam surat An-Nur: 31 menurut para ulama adalah apa-apa yang seharusnya ditutup saat keluar atau bertemu dengan orang-orang selain yang disebutkan di ayat tersebut (suami, ayah, anak dsb).

Salah satu hal yang menjadi problem seseorang saat berjilbab barangkali adalah panas, gerah, tidak nyaman dan sebagainya. Nah, inilah beberapa tips yang mungkin perlu kalian pertimbangkan saat memutuskan berjilbab.

  1. Pilihlah Kain yang Lembut dan Menyerap Keringat
    Jenis kain sangat mempengaruhi kenyamanan kita dalam berhijab. Kain sifon atau satin memang membuat hijab terlihat bagus, tetapi ternyata cukup panas. Baiknya model kain ini dipakai untuk acara-acara resmi seperti pesta atau acara yang berada di ruang ber-AC. Pilihlah hijab dengan bahan wolfis, katun, rayon dan voile relatif adem dan menyerap keringat.
  2. Lapisi Bagian Kepala dengan Dalaman yang Nyaman
    Sebelum berhijab, pastikan menggunakan dalaman yang menyerap keringat. Dalaman bisa membuat hijab kita tidak mudah copot dan terasa nyaman dipakai.
  3. Pilihlah Warna Hijab yang Cocok dengan Cuaca
    Warna hitam atau gelap, secara teori akan menyerap panas, sehingga tidak cocok digunakan di siang hari yang terik, namun pas dipakai di malam hari. Saat siang, gunakan hijab warna putih atau terang, karena akan mampu menahan tubuh dari panas.
  4. Jangan Berhijab dalam Kondisi Rambut Basah
    Pastikan saat hendak berhijab rambut kita dalam keadaan kering. Berhijab dengan rambut basah akan membuat rambut menjadi mudah lepek, bau dan ketombe akan tumbuh subur. Jadi, pilihlah jadwal keramas di waktu-waktu yang tidak beriringan dengan aktivitas yang membutuhkan berhijab. Misalnya, keramaslah di sore hari, sebab akan membuat kita punya cukup waktu untuk mengeringkan waktu.
  5. Jangan Menggunakan Model Hijab Terlalu Ribet
    Model hijab dengan aneka lipatan memang terlihat cantik, namun akan membuat kita merasa tidak nyaman. Misal, ketika kita hendak berwudhu, kita harus membongkar hijab tersebut di tempat wudhu, pastinya akan membuat suasana menjadi lebih ribet. Kita bisa memilih gaya berhijab yang simpel, namun tetap cantik dan berkarisma.

Nah, Gaess, itulah 5 tips memakai jilbab agar terasa nyaman dan tetap keren. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

You May Also Like

Berita

Setelah sukses menggelar Kompetisi Menulis Indiva 2020, Penerbit Indiva Media Kreasi kembali menggelar lomba. Wah, memang penerbit yang satu ini selalu sarat agenda literasi,...

Keislaman

Waw…! Kamu sudah lulus dari sekolahmu yang lama ya? Hmm senang ya? Congratulation deh! Itu semua berkat kerja keras, doa dan izin dari Allah...

Sains

Hiiy… Mimpi Buruk!Pada sebuah malam, sebuah teriakan tiba-tiba terdengar menggema dari kamar tidur Ari. Sang kakak, Anita yang masih lembur dengan tugas-tugas kampusnya tersentak....

Literasi

Hai, tahu kan kalian, kalau penulis Afifah Afra baru saja merilis karya terbarunya? Judulnya Balada Cinta Isvara. Sebuah novel yang mengisahkan sosok Isvara, seorang...

Copyright © 2020 https://kanalgenz.com/