Connect with us

Hi, what are you looking for?

judul gambar

Kesehatan

Jangan Suka Main Vonis ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS), Bisa Nyesel Lho! Ini Alasannya!

Hai, Gaess… HIV dan AIDS saat ini banyak diidentikkan dengan perempuan dan laki-lagi yang ‘nggak bener’. Misal, karena suka seks bebas atau pecandu Narkoba. Maka, jika terdengar si A menderita infeksi HIV, sontak saja akan terpikir di benak, “Salah sendiri, suka ngeseks bebas, rasain deh hasilnya!”

Waduh, jangan generalisir, ya. Bahaya banget, lho!

Seks bebas memang merupakan salah satu sebab utama tersebarnya HIV. Sebagaimana dilansir dari nasional.kompas.com (21/11/2011), seks bebas disebutkan sebagai penyebab utama penyakit mematikan ini. Menurut berita di media tersebut, pada tahun 2011, penderita HIV/AIDS yang disebabkan karena seks bebas sebanyak 76,3%, sedangkan karena faktor jarum suntik hanya 16,3%.

judul gambar

Akan tetapi, tak selalu HIV/AIDS diidentikkan dengan pergaulan bebas. Ada beberapa kejadian menyedihkan yang menimpak ODHA (orang dengan HIV/AIDS) yang perlu kita renungi bersama.

Nkosi Johnson yang Malang

1 Juni 2001 merupakan hari yang mengundang perhatian masyarakat dunia. Pasalnya, pada hari tersebut, Nkosi Johnson, bocah malang asal Johannesburg, Afrika Selatan ini menghempuskan napas terakhir. Dia mengidap AIDS dan terus berjuang melawan penyakit ini seumur hidupnya. Sebagaimana dilansir dari theguardian.com (2/6/2001), Nkosi terinfeksi HIV sejak masih di rahim ibunya yang menularinya virus maut tersebut.

Nkosi yang berkulit hitam, menurut The Guardian, diadopsi sebagai anak oleh seorang aktivis sosial kulit putih bernama Gail Johnson, sehingga dia pun resmi menggunakan nama Johnson di belakangnya. Sebagai penderita AIDS, Nkosi mengalami penolakan dari masyarakat, termasuk kesulitan masuk sekolah dasar. Gail merawat anak angkatnya itu dengan penuh kasih sayang, sampai akhirnya Nkosi meninggal. Akan tetapi, sebelum meninggal, Nkosi sempat berkampanye peduli AIDS, sehingga masuk dalam jajaran pegiat AIDS termuda di dunia.

Brryan Jackson, Disuntik HIV oleh Sang Ayah

Seorang ayah, harusnya memberikan segalanya untuk anaknya, termasuk kasih sayang. Namun tidak demikian yang terjadi pada Brryan Jackson. Ayahnya justru tega menyuntikkan darah yang tercemar HIV kepadanya.
Sebagaimana dilansir dari dailymail.co.uk (26/11/2016), saat Brryan berusia 11 bulan, ayahnya mencoba melakukan pembunuhan padanya dengan menyuntikkan HIV. Menurut bbc.com (21/10/2016), ayah dan ibu Brryan memang sedang bersengketa saat itu. Ayah Brryan menyangkal bahwa bayi itu adalah putranya, dan menuntut pembuktian dengan tes DNA.

Atas kelakuan jahat tersebut, pada tahun 1998, menurut dailymail.co.uk (26/11/2016), Bryan Stewart, sang ayah dipenjara seumur hidup. Namun, tentu hal itu tidak cukup untuk mengganti hidup sang anak yang terus saja mengidap penyakit itu bertahun-tahun lamanya. Sungguh kejahatan yang sulit dimaafkan, bukan?

K-genZ juga pernah mendengar beberapa kisah ODHA berupa tenaga kesehatan yang mengalami kecelakaan saat bertugas. Misalnya, ketika sedang merawat pasien HIV/AIDS tertusuk jarum suntik. Ada juga yang menikah dengan seseorang, awalnya dikira baik-baik saja, ternyata akhirnya diketahui mengidap HIV/AIDS. Walhasil, dia pun akhirnya tertular.

Nah, ternyata nggak semua ODHA itu orang-orang yang punya masa lalu gelap ya? Kalaupun mereka memang penganut freeseks, pecandu Narkoba pun, kita nggak boleh main vonis begitu saja, lho. Tetap perlakukan dengan baik, diberikan support agar dia tetap memiliki semangat hidup, dan syukur-syukur bisa bertaubat dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

You May Also Like

Berita

Setelah sukses menggelar Kompetisi Menulis Indiva 2020, Penerbit Indiva Media Kreasi kembali menggelar lomba. Wah, memang penerbit yang satu ini selalu sarat agenda literasi,...

Keislaman

Waw…! Kamu sudah lulus dari sekolahmu yang lama ya? Hmm senang ya? Congratulation deh! Itu semua berkat kerja keras, doa dan izin dari Allah...

Sains

Hiiy… Mimpi Buruk!Pada sebuah malam, sebuah teriakan tiba-tiba terdengar menggema dari kamar tidur Ari. Sang kakak, Anita yang masih lembur dengan tugas-tugas kampusnya tersentak....

Keislaman

Memakai jilbab adalah kewajiban bagi semua perempuan yang beragama Islam. Meski ada sedikit ulama yang tidak mewajibkan jilbab, tetapi mayoritas ulama berpendapat bahwa jilbab...

Copyright © 2020 https://kanalgenz.com/