Connect with us

Hi, what are you looking for?

judul gambar

Motivasi

Apa Sih Potensi Kita, Yuk Intip dengan 3 Cara Ini!

Halo, Gaess! Apa kabar? Tentu kita semua tahu dan sepakat, bahwa Allah SWT menciptakan manusia dengan potensinya masing-masing. Potensi dalam konteks ini tentunya potensi positif. Potensi yang akan membawa kita kepada kesuksesan, jika dikelola dan dioptimalkan sebaik-baiknya.

Dalam Al-Quran disebutkan, bahwa Allah menciptakan semua makhluknya bukan dengan sia-sia. Artinya, semua makhluk pasti memiliki perannya masing-masing. Dan peran itu didukung dengan kekuatan potensi positif.
Sayang, tidak semua orang paham apa potensinya. Eh, jangan-jangan kalian termasuk yang bingung. Nah, jika di antara kalian masih ada yang bingung untuk mengetahui apa potensi hidup kita, yuk coba gali dengan cara-cara berikut ini.

Pertama, Minat dan Hobi

judul gambar

Salah satu tanda bahwa kita memiliki potensi di bidang tertentu, adalah kita memiliki minat dan hobi di bidang tersebut. Orang yang senang olahraga, punya hobi main sepak bola misalnya, biasanya punya potensi di bidang tersebut. Remaja yang senang masak, biasanya juga punya potensi untuk jadi chef top. Jadi, jangan pernah ragu untuk menekuni apa yang menjadi minat dan hobi kita ya. Sediakan waktu khusus, “me time” untuk mengerjakan kesukaan kita tersebut.

Kedua, Tanyalah Kepada Orang-Orang Di Sekitar Kita

Ibarat orang yang tidak tahu arah, cara yang paling tepat adalah bertanya. Tentu bertanya kepada orang yang kita anggap paham arah. Kalau sama orang yang nggak tepat, nanti malah disalahin, lho. Alih-alih dapat petunjuk, malah tersesat.

Di sekitar kita banyak orang yang selalu mengamati kita dengan cermat, misal orang tua, saudara, kerabat atau guru. Bukalah ruang diskusi dengan mereka. Tanyakan, kalau menurut bapak, ibu, om, tante, kakak, adik dll, sebenarnya saya tuh orangnya bagaimana, apa kecenderungan saya, dan sebagainya.

Ketiga, Lakukan Tes-Tes Bakat dan Kemampuan

Ada banyak sekali tes-tes yang bisa menggali apa sebenarnya potensi kita. Misal tes General Aptitude Test Battery (GATB), Tes Kemampuan Differensial (Differential Aptitude Test-DAT), Falanagan Aptitude Clasification Test (FACT), dan sebagainya. Kalau tes yang populer, banyak juga kok, seperti Personality Plus, Mapping Talent, dan lain-lain.

Bagaimana cara melakukan tes-tes ini? Kita bisa datang ke praktek psikolog. Memang sih, praktek psikologi itu tidak sebanyak praktek dokter, tapi biasanya ada kok, apalagi di perkotaan. Kalau sulit, kita bisa main ke guru BP (Bimbingan dan Penyuluhan) yang sebenarnya berfungsi sebagai konselor pendidikan di sekolah-sekolah kita.

Wah, BP? Nanti dikira anak nakal? Ini keliru! Guru BP itu tidak identik dengan anak nakal, ya Gaess. Justru, guru BP ini adalah tempat paling tepat bagi kita untuk berkonsultasi seputar bakat dan kemampuan kita. Juga masalah lain, seperti… jatuh cinta. Ehem!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Berita

Setelah sukses menggelar Kompetisi Menulis Indiva 2020, Penerbit Indiva Media Kreasi kembali menggelar lomba. Wah, memang penerbit yang satu ini selalu sarat agenda literasi,...

Keislaman

Waw…! Kamu sudah lulus dari sekolahmu yang lama ya? Hmm senang ya? Congratulation deh! Itu semua berkat kerja keras, doa dan izin dari Allah...

Sains

Hiiy… Mimpi Buruk!Pada sebuah malam, sebuah teriakan tiba-tiba terdengar menggema dari kamar tidur Ari. Sang kakak, Anita yang masih lembur dengan tugas-tugas kampusnya tersentak....

Literasi

Hai, tahu kan kalian, kalau penulis Afifah Afra baru saja merilis karya terbarunya? Judulnya Balada Cinta Isvara. Sebuah novel yang mengisahkan sosok Isvara, seorang...

Copyright © 2020 https://kanalgenz.com/