Connect with us

Hi, what are you looking for?

judul gambar

Kesehatan

5 Tips Mengatasi Nyeri Haid, Cewek Wajib Baca!

Haid terasa nyeri? Wajar sebenarnya. Asal tidak sangat sakit, sampai kemudian sulit beraktivitas dan bahkan sampai pingsan, merasakan nyeri saat menstruasi sebenarnya biasa, tuh, Girls! Rasa nyeri disebabkan karena saat sedang haid, otot-otot rahim sedang berkontrasi untuk mengeluarkan lapisan endometrium yang terkelupas dan juga darah keluar dari rahim.

Rata-rata, nyeri haid bisa diatasi bahkan tanpa menggunakan terapi atau obat apapun. Biasanya akan hilang sendiri pada hari kedua atau ketiga. Tetapi, 20% kaum Hawa, ternyata memiliki nyeri haid atau dismonore yang cukup parah. Bagaimana jika mengalami hal semacam itu? Nggak usah terlalu khawatir! Cobalah 5 tips sederhana dan mudah dilakukan ini, ya!

1/ Olahraga Ringan dan Aktif Bergerak

judul gambar

Olahraga ringan seperti jalan-jalan, senam, atau bersepeda, bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Olahraga juga bikin hepi, sehingga otomatis akan memicu keluarnya endorfin. Hormon yang membuat kita merasa nyaman, fresh dan juga mengurangi rasa sakit.

2/ Kompres dengan Air Hangat

Mengompres perut dengan handuk yang telah dibasahi air hangat, juga bisa mengurangi rasa sakit akibat kontraksi pada rahim. Selain mengompres, mandi menggunakan air hangat juga bagus dilakukan saat kamu mengalami nyeri haid.

3/ Mengatur Pola Maka

Saat haid, ada makanan yang bisa mengurangi nyeri haid, atau sebaliknya, justru bisa menambah rasa sakit. Jadi, pintar-pintar mengatur pola makan, ya, Girls! Makanan dan minuman yang berlebih garam, lemak, gula, soda, kafein, dan alkohol (termasuk alkohol yang terkandung secara alami di makanan, seperti durian,tape dan sebagainya), dijamin bakal derita haidmu makin “cetar membahana”.

Terus, bagusnya makanan dan minuman seperti apa? Yang mengandung asam lemak omega-3, zat besi, juga buah-buahan dan sayur-mayur. Minuman seperti wedang jahe, the chamomile, atau rempah, juga sangat bagus untuk mengurangi dismenore.

4/ Hindari Stres

Stres jelas musuh besar kesehatan. Saat haid, stres bisa melipat-lipatkan rasa sakit, juga bisa membuat emosi kita sering tak terkendali, yang justru membuat nggak hanya nyeri fisik, tapi juga nyeri hati. Haha. Jadi, kalau pas haid, sebaiknya jangan dekati hal-hal yang berpotensi menyebabkan stres. Lakukan relaksasi, aktivitas hobby, nulis, nyanyi, baca puisi, masak-masak… apa aja deh, yang penting happy!

5/Mengonsumsi Obat Nyeri Haid

Kalau memang langka-langkah di atas nggak mempan, ya beli aja obat-obat nyeri haid. Ada kok beberapa obat penghilang nyeri semacam parasetamol, ibuprofen atau analgesik yang bisa dibeli di apotek tanpa pakai resep dokter. Nah, kalau semakin nyeri, sebaiknya periksalah ke dokter terdekat. (US).

Selamat mempraktekkan!

Keterangan: gambar dari kcobgyn.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Berita

Setelah sukses menggelar Kompetisi Menulis Indiva 2020, Penerbit Indiva Media Kreasi kembali menggelar lomba. Wah, memang penerbit yang satu ini selalu sarat agenda literasi,...

Keislaman

Waw…! Kamu sudah lulus dari sekolahmu yang lama ya? Hmm senang ya? Congratulation deh! Itu semua berkat kerja keras, doa dan izin dari Allah...

Sains

Hiiy… Mimpi Buruk!Pada sebuah malam, sebuah teriakan tiba-tiba terdengar menggema dari kamar tidur Ari. Sang kakak, Anita yang masih lembur dengan tugas-tugas kampusnya tersentak....

Literasi

Hai, tahu kan kalian, kalau penulis Afifah Afra baru saja merilis karya terbarunya? Judulnya Balada Cinta Isvara. Sebuah novel yang mengisahkan sosok Isvara, seorang...

Copyright © 2020 https://kanalgenz.com/